Marine Surveyor & Inspection Services

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
Marine Surveyor

Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar


Beberapa waktu yang lalu Marine Surveyor Indonesia dari sebuah perusahaan Jasa Marine Survey swasta PT. Binaga Ocean Surveyor melakukan pekerjaaan jasa marine survey untuk Condition Survey  di Batam, Indonesia
Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar
Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar
Kapal AHTS GO RIGEL ini akan di sewa oleh perusahaan minyak HCML yaitu Husky CNOOC Madura Limited, sebuah perusahaan minyak patungan antara Husky Oil Ltd, China National Oil Company (CNOOC) dan perusahaan lokal PT. Samudera Energy ini mendapatkan lisensi untuk menambang minyak di wilayah konsesi laut Selat Madura, Jawa Timur sesuai keputusan SKK MIGAS sebagai salah satu Kontraktor Kontrak Kerja Sama dari SKK Migas sebagai wakil Pemerintah Republik Indonesia.

Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar
Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar
Pak Soni Widodo waktu itu sebagai wakil dari HCML ikut turun ke kapal meninjau langsung kapal AHTS bernama lambung GO RIGEL ini ketika sedang lego jangkar di laut perairan Batu Ampar Anchorage area di Batam, Indonesia.


SHIP’S PARTICULARS

§    Name of the Vessel                              :       GO RIGEL
§    Port Of Registry                                   :       Jakarta
§    Flag                                                   :       Indonesia
§    Type of vessel                                     :       AHTS/DP2
§    Classification                                        :       ABS (AMERICAN BUREAU OF SHIPPING)
§    Built                                                   :       2009 / Yuexin Shipbuilding, China  
§    Dimension                                           :       L X B X H    : 62.33 m x 16.00 m x 7.00 m
§    Gross / Net Tonnage                             :       2,446 Tons / 733 Tons
§    Main Engine                                         :       2 x 2942 KW @ 750 rpm, Niigata-8MG28HLX
§    Auxiliary Engine (Main)                           :       2 x 590 KW @440V Caterpillar 3412DITA
§    Auxiliary Engine (Emergency)                  :       1 x 84 KW emergency generator
§    Deck Space                                         :       32.40 m x 12.00 m
§    Fuel Capacity                                       :       1,193.200 K/L
§    Fresh water capacity                             :       239 Tons
§    Fuel Consumption                                 :       820 ltrs/hr (full speed) 650 ltrs/hr (economic)
§    Owner                                                :       PT. Wintermar
§     
Kami dengan sangat hati-hati kami Marine Surveyor Indonesia melakukan inspeksi pemeriksaan kondisi kapal secara umum pada kapal tersebut .
Berdasarkan pemeriksaan kami bahwa Kapal AHTS. GO Rigel adalah Kapal ini termasuk jenis Kapal DP2 yang terbuat dari besi secara keseluruhan, semua besi baja ini dilas sesuai dengan bentuk konstruksi kapal jenis AHTS (Anhor Handling Tug Supply) DP 2 dengan 2 (dua) unit mesin penggerak utama model Niigata 2 x 4000 HP @750 rpm dengan empulur terkendali (controlled Pith).Kapal ini dibangun pada tahun 2011 di bawah regulasi klasifikasi American Bureau of Shipping (ABS) dan terdaftar di Pelabuhan Jakarta dengan menggunakan Bendera Indonesia sebagai Bendera Kapal.
Kondisi kapal secara umum ditemukan dalam kondisi baik dengan sedikit terlihat berkarat di beberapa tempat namun di pastikan masih baik dan layak berlayar, juga ditemukan beberapa goresan halus dan tanda-tanda bekas sedikit tergores dan penyok di beberapa tempat namun dianggap dalam kondisi baik dan wajar bagi sebuah kapal.



Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar
Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar
Secara umum struktur lambung, deck dan akomodasi kapal ditemukan dalam kondisi baik. Sisi kiri dan sisi kanan lambung bagian luar dari dinding kapal itu ditemukan sedikit berkarat dan tergores di beberapa tempat dan beberapa lekukan ditemukan di ban fender baja yang mengelilingi seluruh bagian luar kapal, namun ini semua dianggap dalam kondisi baik dan wajar untuk kondisi kapal yang sedang beroperasi di laut.
Mesin-Mesin Kapal terutama Mesin utama (Main Engine), mesin bantu dan mesin-mesin lainnya serta dek mesin dan perlengkapan kapal yang menggunakan mesin semua ditemukan dalam kondisi layak bekerja dan terawat dengan baik, begitu juga semua indikator mesin penggerak, mesin utama, mesin bantu dan mesin-mesin lainnya serta instrumen dan panel kontrol dilaporkan dalam kondisi baik dan layak beroperasi .


Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar
Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar
Semua navigasi dan peralatan komunikasi seperti GPS , SSB , VHF laut , echo sounder , kompas , radar dan DP ditemukan dalam kondisi baik dan layak beroperasi.
Peralatan keselamatan yang tersedia di kapal seperti rescue boat, life buoy, life raft, life jackets, fire fighting, perahu penyelamat , pelampung , kehidupan rakit , baju pelampung dan semua peralatan pemadam kebakaran tampaknya dalam kondisi baik dan layak beroperasi.

Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar
Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar
Kamar mesin dan Kamar-kamar lainnya serta kompartemen perangkat kemudi dan ruang mesin lainnya, tangga darurat untuk melarikan diri ketika keadaan darurat, termasuk tangga dan tutup palka ditemukan terawat dengan baik dan dalam kondisi baik.
Umumnya freeboard kapal tercatat secara struktural dalam kondisi baik .
Pada kedua sisi lambung terdapat setengah pipa baja sebagai fender atau besi penahan ketika kapal sedang sandar di pelabuhan atau penahan kapal ketika sedang dalam keadaaan posisi ship to ship dan ada juga fender dari ban-ban yang terdapat di sekeliling bagian luar kapal di sebelah kiri dan kanan di dek utama, di dek atas, di bagian depan dan di bagian belakang kapal. Setiap fender ban ini dihubungkan oleh rantai baja yang dilas pada pelat baja dengan menggunakan pad eyes sebagai penyambung ke badan kapal semua kondisi tercatat dalam keadaan kondisi baik .
Struktur dek utama dan lantai kayu ditemukan kondisi sepenuhnya terpelihara dengan baik. Sisi kiri dan benteng kanan dengan zona penyelamatan tanda, bollards ganda , panama chock di dek utama bagian sisi kiri dan kanan kapal, trotoar ganda dan panama chock di dek atas ditemukan dalam kondisi baik .Deck bagian luar juag ditemukan baik termasuk rel, tangga, jendela, mesin corong knalpot kapal, dan sistem ventilasi ditemukan dalam kondisi baik juga.
Ruang kemudi termasuk depan dan belakang konsol panel kontrol kemudi, sofa dan meja itu ditemukan dalam kondisi baik .Bagian atas ruang kemudi dan bagian Monkey Island yaitu bagian luar anjungan ruang kemudi termasuk tiang-tiang lampu, tiang antena navigasi, rel dan tangga ditemukan dalam kondisi baik .

Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar
Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar
Semua ruangan akomodasi termasuk kamar perwira dan kamar anak buah kapal, ruangan messroom, dapur, ruang makan, lorong dan tangga dalam kondisi baik .
Jumlah bahan bakar minyak, minyak pelumas, oli hidrolik dan air tawar pada saat pemeriksaan kami pada tanggal 22 November 2013 pukul 19.00 Waktu Lokal adalah sebagai berikut : Marine Gas Oil ( MGO ) atau Minyak Solar sejumlah 929,760 Liter Air Tawar (fresh water) di hitung sejumlah 209 Ton
Secara umum Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar dalam keadaan baik dan layak untuk beroperasi bagi penyewa HCML di laut Selat Madura untuk menunjang kegiatan operasi penambangan minyak lepas pantai milik KKSK Migas HCML ini.

Our Scope of Service
Marine Surveyor & Inspection Services, Bunker Survey, On Hire Survey, Off Hire Survey, Condition Survey, Stuffing Survey, Loading Survey, Damaged Survey, Discharging Survey, P&I Survey, Towing & Lashing Survey, On Hire ROB and Condition Survey, Towing Approval Survey, Free Gas Survey, the vanning survey report, towing approval survey and much more
 

In case you have order for marine survey please do not hesitate to contact us on below communication addressed :
PT. Binaga Ocean Surveyor
Kabil Industrial Estate
Ruko CNN Blok D3 No. 3
Batu Besar, Nongsa, Kabil, Batam, Indonesia
Telephone/Hand-phone : +628127015790 / 08117775790
Email 1 : info@binaga-ocean.com
Email 2 :  binaga.ocean@gmail.com
Website : www.binagaoceansurveyor.com