Marine Surveyor & Inspection Services

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
Marine Surveyor

Marine Cargo Surveyors & Inspector Kelautan, Pengertian, Tugas, Wewenang dan Jenisnya.

 


Marine Cargo Surveyors & Inspector Kelautan, Pengertian, Tugas, Wewenang dan Jenisnya.

Pekerjaan Marine Cargos Surveyor dan Inspeksi Kelautan mempunyai banyak jenis dan berbagai kegiatan, secara garis besar yaitu pemeriksaan suatu benda berupa barang yang dalam hal ini dapat berupa alat angkut seperti kapal dan kondisi muatan kapal. kapal, hal ini sesuai dengan pengertian surveyor menurut peraturan perundang-undangan.

Surveyor Kelautan bekerja berdasarkan peraturan perundang-undangan yang salah satunya adalah Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia melalui Permendag RI No. 14/M-DAG/PER/3/2006 yang menyebutkan bahwa pengertian survey adalah kegiatan pemeriksaan atau penelitian, penilaian, atau pengujian dan pengawasan terhadap suatu benda yang telah ditetapkan baik berupa barang atau alat angkut yang meliputi unsur keadaan, keadaan luar, pengemasan atau pengangkutan, mutu, jumlah, panjang, berat, serta isi dan tanda pengenalnya serta persyaratan yang ditetapkan, serta lingkungan yang meliputi baku mutu air, udara, dan tanah dan lain-lain yang terkait.


 

Sedangkan pengertian Surveyor, Marine Cargos Surveyors atau Surveyor Kelautan menurut Permendag RI No. 14/M-DAG/PER/3/2006 yaitu Surveyor adalah orang yang mempunyai keahlian tertentu di bidang jasa survey berdasarkan disiplin ilmu. dan atau memiliki Sertifikasi Profesi Surveyor yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi yang terakreditasi dan memiliki pengalaman kerja di bidang survey tertentu seperti Surveyor Kelautan yang melakukan kegiatan survey untuk mendapatkan kebenaran mutlak tentang obyek yang disurvei.

Marine Cargos Surveyors, Marine Surveyor atau Surveyor dan Inspeksi Kelautan adalah profesi yang pekerjaannya hampir mirip dengan Konsultan atau Profesional seperti Dokter atau Pengacara. Namun, profesi pekerjaan ini mungkin masih jarang terdengar oleh masyarakat umum karena bidang pekerjaannya lebih banyak berhubungan dengan kapal dan laut.

Marine Surveyor kelautan bekerja untuk memberikan laporan survei kepada pengusaha seperti pemilik kapal atau pemilik kargo kapal. Surveyor Kelautan memastikan bahwa jumlah muatan dan kondisi kapal layak dan sesuai dengan pesanan mereka pada saat pemuatan di atas kapal dan selama pelayaran. Dengan cara ini, pembeli dan semua pihak yang terkait dengan bisnis maritim ini dapat menerima barang kargo kapal dengan baik.


 

Marine Cargos Surveyor atau Surveyor Kelautan dan inspeksi tentunya harus memiliki Sertifikasi Profesi Marine Surveyor dari pihak yang berwenang. Misalnya di Indonesia, yaitu sertifikasi dari KAN (Komite Akreditasi Nasional) atau badan profesi seperti AISI (Asosiasi Surveyor Independen Indonesia). ataupun APSI/ISSI.

 

Surveyor dan Inspeksi Kelautan: Pengertian, Tugas, dan Jenisnya

0 Response to "Marine Cargo Surveyors & Inspector Kelautan, Pengertian, Tugas, Wewenang dan Jenisnya."

Posting Komentar